Beranda » Masalah dan Solusi Mesin RO Mampet

Masalah dan Solusi Mesin RO Mampet

Mesin RO

Tersedianya kebutuhan air bersih yang layak konsumsi merupakan salah satu hal yang penting bagi masyarakat. Mesin RO (Reverse Osmosis) merupakan teknologi mesin pengolahan air modern masa kini yang dapat membantu semua orang dalam mendapatkan air bersih yang layak diminum tanpa perlu di masak. Kemampuannya untuk menurunkan kadar zat padat dalam air atau TDS (Total Dissolved Solids) sudah tidak diragukan lagi.

Cara kerja mesin reverse osmosis adalah dengan metode penyaringan molekul dan ion yang terkandung dalam larutan, sehingga berbagai kuman, kotoran, dan zat-zat molekul yang berbahaya dapat tersaring dan terpisah dari air yang akan dikonsumsi.

Penggunaan mesin reverse osmosis bisa dilakukan untuk mengolah berbagai sumber air, seperti air yang berasal dari laut, sungai, air tawar, dll. Air hasil pengolahan ini sangat aman untuk digunakan untuk berbagai kegiatan.

Media pemfilteran ini berukuran sangat halus, yakni mencapai 1/10000 mikron atau setara dengan sehelai rambut di bagi satu juta membuatnya mampu mengubah air yang keruh menjadi air bersih dan jernih.

Manfaat Air Minum Dari Mesin RO Bagi Kesehatan

Penggunaan mesin RO untuk pengolahan air minum ternyata memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan dengan metode pengolahan air lainnya. Manfaat air minum RO antara lain:

  • Membantu Peningkatan Energi

Salah satu cara meningkatkan energi adalah dengan meminum banyak air putih. Air yang diolah melalui metode RO ini terbukti mampu membantu meningkatkan energy. Mesin ini dapat menyaring berbagai ion yang terkandung dalam air.

  • Mempercepat Pemulihan

Air RO ternyata sangat cocok dikonsumsi oleh orang yang sedang dalam masa pemulihan. Pemulihan yang dimaksud seperti pada seseorang yang telah melakukan operasi untuk mengangkat penyakit. Sehingga memerlukan pemulihan.

  • Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Orang dengan tingkat kekebalan tubuh yang rendah sangat rawan terkena berbagai penyakit. Sedangkan seseorang yang memiliki kekebalan tubuh, lebih terhindah dari terkena penyakit. Salah satu cara memiliki system kekebalan tubuh yang baik adalah dengan mengkonsumsi air minum yang terbebas dari kontaminan, air yang cocok dikonsumsi adalah air RO.

  • Mengurangi Kram Pada Otot

Orang yang kekurangan air pada tubuh rentan terkena kram otot, untuk menghindari kekurangan air pada tubuh, maka anda perlu mengkonsumsi air untuk memenuhi kebutuhan. Salah satunya adalah air RO.

  • Mencegah Timbulnya Penyakit Krusial

Rutin mengkonsumsi air Ro dapat menghindarkan anda dari terjangkitnya penyakit krusial akibat dari meningkatnya tekanan darah pada tubuh.

  • Transportasi Oksigen

Mengkonsumsi air RO dapat membantu memberikan oksigen yang cukup bagi tubuh melalui proses transformasi darah yang menyebar ke seluruh bagian tubuh.

Jenis-Jenis Mesin RO (Reverse Osmosis)

Terdapat berbagai jenis mesin yang bisa anda gunakan dalam mengolah air dengan metode reverse osmosis. Setiap jenis yang ada, memiliki kemampuan yang berbeda dan bisa anda pilih sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Antara lain:

  • Mesin RO 1000 gpd
    Mesin RO 1000 gpd yang dapat memproduksi air sebanyak 200 galon untuk per harinya.
  • Mesin RO 100 gpd
    Mesin RO 100 gpd yang memiliki kapasitas produksi galon hanya menghasilkan 30 galon saja.
  • Mesin RO 500 gpd
    Kapasitas produksi galon per hari dari mesin ini adalah 90 galon.
  • Mesin RO 400 gpd
    Mesin RO 400 gpd ini memiliki kapasitan produksi 500 gpd.
  • Mesin RO 2000 gpd
    Mesin RO 2000 gpd ini mampu memproduksi galon untuk per hari kurang lebih 400 galon.
  • Mesin RO 4000 gpd
    Mesin Ro 4000 gpd ini juga memiliki kapasitas produksi 800 galon perharinya.

Semua produk mesin reverse osmosis di atas memiliki variasi harga yang berbeda-beda, begitu juga dengan spesifikasi dan pemanfaatannya. Sesuai dengan kapasitas produksi tiap mesin dan pemanfaatannya, biasanya digunakan untuk:

  1. Usaha depot air minum isi ulang
  2. Industri pabrik air minum kemasan
  3. Untuk industri farmasi
  4. Sistem penyaringan membran untuk desalinasi air payau / air laut
  5. Rumah Tangga

Setelah mengetahui berbagai manfaat, jenis dan pemanfaatannya. Anda sebagai pemilik mesin reverse osmosis sudah seharusnya tahu cara merawat dan mengatasi masalah yang biasa dan mungkin akan terjadi pada mesin reverse osmosis milik anda. Untuk itu, informasi berikut sangat penting untuk anda simak, agar anda tahu betul cara merawat mesin reverse osmosis milik anda nantinya.

Masalah yang sering terjadi pada Mesin reverse osmosis dan cara mengatasinya

Membran RO Mampet

Hal yang umum terjadi pada mesin reverse osmosis sewaktu-waktu adalah mampet. Penyebab membran RO mampet dikarenakan adanya debu halus dan partikel lain yang dapat menyumbat membran RO karena terlambat mengganti spun 2 mikron, atau menggunakan spun lain yg murah, sehingga kotoran tetap lolos dan mengenai membran.

Hal yang bisa membuat membrane mampet berikutnya adalah karena adanya Kapur / kesadahan / CaCo3 . Hal ini dapat terjadi membran RO karena tidak dilengkapi Filter Media Ion Exchange yang besar dan kurang rutinnya pemeliharaan filter ini.

Solusi untuk mengindari membran mampet adalah dengan cara menambahkan filter media active carbon (karbon aktif) untuk menyaring besi dan partikel logam lainnya. Kemudian anda perlu menambahkan filter media resin/ion exchange untuk menyaring kapur/kesadahan/CaCo3. Sediakan sedimen 1 mikron untuk menyaring debu halus, pasir dan kotoran lain.

Jika ternyata membrane RO milik anda sudah terlanjur mampet tenang saja, anda bisa memcuci membran RO yang kotor dan tersumbat dengan menggunakan 2 metode berikut

  • 1. Cara Memcuci Membran Ro dengan Sistem Terbuka

Pencucian membran RO dengan cara terbuka ini adalah dengan merendam membran ro menggunakan Visco VRO 3 dan air dalam satu wadah, semua bagian membran RO harus terendam, dan biarkan beberapa jam.

Kemudian, lakukan sirkulasi dengan pompa, bilas dengan membran ro tersebut dengan air.

Ulangi sekali lagi, namun kali ini gunakan Visco VRO 5.

  • 2. Cara mencuci membran Ro dengan sistem tertutup sebenarnya tidak jauh berbeda dengan sistem terbuka. bedanya hanya pada membran ro yang perlu dicuci dalam suatu housing Ro.

Cara ini lebih cocok untuk mencuci membran Ro dengan tipe besar yakni di atas 2000 GPD.

Selebihnya, anda tetap melakukan cara pencucian yang sama dengan sistem terbuka, anda juga membutuhkan Visco VRO 3 dan Visco VRO 5.

pemanfaatan cairan Visco VRO 3 yaitu sebagai pembersih membran dan ultra filtrasi dengan cara melepaskan zat foulling dan sisi membran.

Sedangkan pemanfaatan cairan Visco VRO 5 digunakan untuk merontokan kotoran sehingga dapat di saring oleh filter.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam proses pencucian membrane RO sebagai berikut:

  1. Pakailah bahan kimia pembersih membran RO yang tepat. Bahan yang kurang tepat dapat menyebabkan membran RO menjadi rapuh dan mudah rusak, sehingga partikel akan sulit tersaring.
  2. Ketahui penyebab terjadinya Fouling pada membran Ro sebelum memilih jenis chemical untuk proses pencucian membrane
  3. Jaga tekanan yang diberikan pada membran agar tidak terjadi kerusakan pada saat proses pencucian.
  4. Pencucian harus dilakukan secara rutin dan teratur untuk mencegah terjadinya pengerakan yang membandel dan sulit di hilangkan.

Itulah beberapa hal penting yang wajib anda ketahui dalam merawat dan mengatasi masalah yang umum terjadi pada mesin RO

Bagikan

Masalah dan Solusi Mesin RO Mampet | Website Penjualan Motor Bekas Khusus Cash